Senin, 12 September 2011

Rukun Tetangga oh Rukun Tetangga

Rukun Tetangga (RT) adalah sebuah komunitas gagasan cerdas para pendahulu kita. Sebuah sarana budaya adi luhung perekat masyarakat. Tak perlu registrasi, tak perlu seleksi, orang dengan tangan terbuka akan menerima kehadiran kita, dari daerah manapun, suku apapun, latar belakang keluarga bagaimanapun, masyarakat setempat selalu welcome.

Sepatutnya kita berterima kasih kepada nenek moyang kita yang telah menciptakan komunitas ini, dan menjadi tugas kita menjaga dan melestarikan budaya yang sangat bermanfaat ini sebagai ajang tertinggi dalam menyelesaikan persoalan warga. Salah satu caranya adalah dengan berperan serta atau berpartisipasi aktif dalam kegiatan yang digelar oleh Ketua RT.

Fungsi RT sebagai forum komunikasi warga dan sosialisasi program kelurahan, kecamatan sampai pada level pemerintahan tertinggi, bagi sebagian warga sering dianggap tidak penting. Sebenarnya dengan bertemu lewat pertemuan bulanan RT, itu merupakan proses bagi warga untuk saling mengenal, saling silaturahmi, saling membantu, saling menghormati dan saling menghargai serta saling memiliki dan memberikan kontribusi bagi lingkungan tempat dimana kita tinggal.

Warga yang bijak adalah warga yang berbuat sesuatu manfaat untuk sesama, bukan sebagai warga yang hanya menerima manfaat program saja. Perubahan RT kita menjadi baik atau buruk adalah ditangan semua warga bukan ditangan sebagian warga saja. Mari kita jaga dan lestarikan budaya rukun tetangga ini agar lingkungan RT02 kita menjadi tempat tinggal yang aman, nyaman, guyub, rukun, dan sebagainya.

Salam.